Sarang Semut Untuk Kesehatan

Sarang Semut Untuk Kesehatan

Sarang Semut

Meskipun bentuknya menjijikan, tetapi sarang semut memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Mungkin sebagian masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan herbal yang satu ini.

Sarang semut sudah lama dikenal sebagai pengobatan alami dan tradisional untuk berbagai penyakit ringan maupun berat seperti tumor dan kanker. Tanaman herbal ini berasal dari Papua. Namun, masih banyak orang khususnya daerah perkotaan yang belum mengetahui tanaman herbal yang kaya akan manfaat ini.

Yang dimaksud sarang semut disini bukanlah sarang semut yang ada ditumpukan pasir atau tanah, melainkan sebuah tanaman herbal sejenis umbi tersebut terdapat sekelompok semut yang bersimbiosis menghasilkan suatu senyawa yang bisa digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit. Nama tumbuhan ini berasal dari bahasa Yunani yaitu genus myrmecodia. Istilah ini jika diartikan ke bahasa Indonesia, yaitu ‘mirip semut’ atau ‘dikerumuni semut’.

Dilansir dari berbagai sumber, di dalam sarang semut terdapat zat flavonoid dan tanin. Flavonoid mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh, sementara tanin bermanfaat sebagai antioksidan dan antibakteri.

Berikut enam manfaat sarang semut yang sudah dirangkum dari berbagai sumber :

1. Mengobati Kanker

Beberapa orang percaya khasiat sarang semut mampu membantu mengatasi berbagai jenis kanker, mulai dari kanker payudara, otak, paru-paru, usus hingga kanker darah. Kemampuan sarang semut ini diduga kuat berkaitan dengan kandungan flavonoidnya.

Ada beberapa mekanisme kerja dari flavonoid dalam melawan tumor/kanker, misalnya inaktivasi karsinogen, anti-proliferasi, penghambatan siklus sel, induksi apoptosis dan diferensiasi, inhibisi angiogenesis, dan pembalikan resistensi multi-obat atau kombinasi dari mekanisme-mekanisme tersebut.

Nah, itulah khasiat sarang semut yang bisa Anda dapatkan. Meski begitu, sejumlah pakar kesehatan mengatakan, beberapa manfaat sarang semut seperti yang dijelaskan di atas diperlukan penelitian lebih lanjut.

Pada kasus pengobatan tumor dan kanker, penanganan yang diketahui secara medis hanya operasi, radioterapi, dan kemoterapi. Belum ada penelitian khusus yang mengungkapkan bahwa sarang semut untuk penyembuhan tumor dan kanker.

2. Membantu Mengatasi Rematik

Salah satu penyakit yang sering menyerang orang berusia lanjut ialah rematik. Kandungan flavonoid yang terkandung dalam sarang semut dapat menghambat enzim xanthine sehingga baik untuk mengobati rematik.

Apalagi, kandungan antioksidan dan tokoferol atau vitamin E yang bekerja sangat baik untuk mengobati penyakit rematik.

3. Membantu Mengobati Migrain

Selain itu, manfaat Sarang Semut Papua juga bisa digunakan untuk mengatasi migraine. Pengobatan migrain ini berkaitan dengan fungsi kandungan flavonoid dan multi-mineral dalam sarang semut, khususnya kalsium, natrium, dan magnesium. Jadi kamu bisa mengonsumsi air rebusan sarang semut untuk menangani migrain.

4. Membantu Mengatasi Benjolan pada Payudara

Sebagai seorang wanita, kemunculan benjolan di area intim, seperti payudara, bisa menjadi hal yang begitu menakutkan. Karena umumnya, benjolan yang berupa cairan ini merupakan gejala munculnya tumor atau kanker payudara. 

Diduga kuat mekanisme penyembuhannya serupa dengan kasus tumor dan kanker, yaitu dengan mengandalkan kemampuan kandungan flavonoid yang terkandung dalam sarang semut.

5. Menjaga Keseimbangan Insulin

Selain imunitas tubuh yang perlu kamu jaga dengan baik, kadar insulin dalam tubuh pun sangat dibutuhkan. Hanya saja, untuk menjaga kadar insulin agar tetap pada posisi normal nampaknya sedikit lebih sulit. Untuk itu, mengkonsumsi sarang semut dapat menjadi penyeimbang insulin tubuh.

6. Mengobati Penyakit Jantung

Selain mengobati kanker yang sangat berbahaya, manfaat Sarang Semut Papua  juga bisa untuk emngobati penyakit jantung. Jantung merupakan salah satu organ yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Dari organ tersebut, banyak penyakit berbahaya seperti hipertensi, stroke, dan jantung koroner.

Sarang semut mengandung mineral, kalium, dan kalsium tinggi yang mampu menangani berbagai gejala penyakit jantung. Cukup dengan mengonsumsi air rebusan sarang semut secara rutin dua kali sehari.

Nah, itu dia beberapa manfaat yang bisa sobat herbal dapatkan dari sarang semut. Sobat herbal ngga perlu repot cari dan mengolah sendiri sarang semutnya, cukup minum Kapsul Sarang Semut by Griya Annur Herbal.

https://shopee.co.id/Sarang-Semut-Plus-i.136553942.2110463382

Leave a Comment

Your email address will not be published.

TOP

X